NAMA : TEGUH PURNAMA
NIM : 41609010023
Judul Skripsi
ANALISA KINERJA PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN
PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (SERVICE QUALITY)
Ringkasan :
Perkembangan dunia industri jasa khususnya jasa kuliner
sekarang ini sangatlah pesat, perusahaan kuliner bersaing untuk memberikan
pelayanan yang maksimal sesuai kebutuhan pelanggannya. Dalam konteks yang
dimaksud dengan pelanggan adalah costumer, setiap perusahaan sebagai penyedia
jasa kuliner memandang perlu untuk memikirkan tentang kepuasan konsumen, karena
dengan terpenuhinya kepuasan konsumen, dapat menjadi tolak ukur terhadap
keberhasilan sebuah perusahaan.
Kepuasan adalah upaya pemenuhan sesuatu atau membuat sesuatu
memadai. Sedangkan pelanggan dapat diartikan sebagai orang yang membeli atau
menggunakan sebuah produk. Dalam perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan,
pelanggan adalah orang yang menggunakan pelayanan pelayanan. Dalam dunia
perbankan pelanggan diartikan sebagai nasabah, sedangkan dalam bidang kesehatan
pelanggan disebut pasien.
Kepuasan pelanggan tidak dapat didefinisikan, melainkan
dengan mengerti tentang karakteristik, baik pengetahuan,kelas sosial,
pengalaman, pendapatan, maupun harapan dari seorang pelanggan. Misalnya seorang
pelanggan baru ingin mencoba masakan tertentu dari sebuah restoran. Sebelum melakukan
pembelian, pelanggan baru tersebut pasti memiliki harapan bahwa dia akan
dilayani dengan baik, ramah, cepat tanggap, dan masakan yang ingin dicobanya
enak.seperti itu yang bisa disebut kepuasan pelanggan.
Saran :
Disarankan untuk menambahkan faktor-faktor yang mempengaruhi
kepuasan pelanggan, apakah itu dari sisi kenyamanan, pelayanan terhadap
konsumen. Dan untuk lebih memilih kata-kata yang tidak terlalu rumit dan mudah
dipahami.
Kritik :
Kurang adanya keselarasan didalam perumusan masalah, dan
kurang memilikin fokus dalam membuat skripsi ini. Kurangnya pengertian tentang
kepuasan pelanggan terhadap sebuah restoran yang menjadi tempat pengumpulan
data.
http://www.atep-afia.net/2015/09/tugas-01-ttki-reguler-rsk-skripsi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar